Jumat, 13 Juli 2012

Penampilan Rio Haryanto Mengesankan Sama Marussia F1


Kesempatan ngetes mobil F1 untuk yang kedua kalinya benar-benar dimanfaatkan Rio Haryanto. Pebalap 19 tahun harapan Indonesia itu melakoni program pengembangan pebalap muda oleh tim Marussia F1, hari ini (13/7). Bersama rekan setimnya di Marussia Carlin GP2, Max Chilton, Rio mengitari sirkuit Silverstone, Inggris, dengan hasil cukup baik.


Meski hanya berputar selama 19 lap karena terjadi kebocoran oli dan kondisi cuaca tidak memungkinkan, Rio dinilai mencatatkan waktu menjanjikan, dengan best lap 1 menit 37,404 detik. Hasil itu sekitar satu detik lebih lamban dibandingkan best lap Max Chilton, 1 menit 36,558 detik dengan percobaan 34 lap.

Setelah menjalani tes, Rio tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya karena hanya berputar 19 lap di Silverstone. Meski demikian, pemuda asli Solo itu mengaku cukup puas dan masih menaruh harapan untuk uji coba kedua besok pagi.

”Kesempatan kedua duduk di kokpit mobil F1 setelah 2010 adalah hal luar biasa. Saya cukup merasakan perkembangan siginifikan dalam diri saya sebagai pebalap. Meski sedikit kecewa, saya sangat enjoy dengan tim yang bekerja dengan baik. Mudah-mudahan besok cuacanya bagus dan memberi saya kesempatan untuk melaju lebih baik,” beber Rio.

Dalam uji coba pebalap muda itu, tak hanya Rio dan Max dari Marussia F1. Tim HRT juga menurunkan pebalap mudanya asal China, Ma Qing Hua, yang baru pertama kali merasakan sensasi kokpit F1. Dialah pebalap China pertama yang berkesempatan memacu jet darat F1.

Valtteri Bottas, sebagai pebalap muda cadangan tim Williams juga melakukan hal yang sama. Bottas yang lebih berpengalaman akhirnya mencatatkan waktu terbaik dalam sesi khusus uji coba pebalap muda di Silverstone itu dengan best lap 1 menit 31,436 detik selama 120 lap.

Besok, mereka berempat mendapat kesempatan yang sama. Rio akan memulai bejek gas mobil Marussia F1-nya pagi hari. (Donny Apriliananda)

Catatan waktu tak resmi test Silverstone:
1. Valtteri Bottas, Williams, 1m 31.436, 120 Laps
2. Max Chilton, Marussia, 1m 36.558, 34 Laps
3. Rio Haryanto, Marussia, 1m 37.404, 19 Laps
4. Ma Qing Hua, HRT, 1m 37.829, 82 Laps
http://otomotif.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar